-->

Pembelajaran dengan Keterampilan Abad 21 (4C, Karakter, Literasi, HOTS, dan Wellbeing) Penerapan Pelatihan Tematik Berbasis Karakter PPPPTK PKN IPS Angkatan Ke-2

 


Bapak Ibu Guru serta pembaca AYO MENDIDIK yang Budiman. Pada postingan kali ini kami hadirkan pembelajaran yang menerapkan  Keterampilan Kecerdasan  4C, Karakter, Literasi, HOTS, dan Wellbeing. Langkah-langkah pembelajaran ini diambil dari cara mengajar pemateri Pelatihan Pembelajaran Tematik Berbasis Karakter pada meteri Keterampilan Abad 21 oleh Bapak Muhajir dan Bapak Falidan (16 sd 21 Desember 2021)

 

Tentunya meskipun langkah-langkah pembelajaran sama, tapi materi tentu kita buat berbeda sesuai di kelas kita. Begitu juga jika bapak ibu guru ingin menggunakan di sekolah masing-masing boleh diganti materi sesuai tema yang sedang diajarkan.

 

Mari kita simak Langkah-langkah pembelajarannya

1.   Alat dan bahan : Kertas plano, posit, gunting, lem kertas, dan alat tulis (jika tidak ada bisa mengggunakan 2 atau 3 kerta HVS warna berbeda)


2.   Jika pakai kertas HVS berbeda warna. Siswa berdiskusi membuat menentukan bangun datar, dan membuat serta menggunting bangun datar tersebut menggunakan salah satu kertas. Jika satu kelompok ada 4 siswa, maka membuat 8 bangun datar yang sama. 1 siswa mendapat 2 bangun datar.



3.   Siswa kembali duduk secara mandiri. Kemudian guru menyebutkan kalimat kunci, misalkan “tuliskan 1 kata pada bangun datar yang berhubungan dengan kota Lumajang” atau bisa diganti sesuai materi, misalkan “tuliskan 1 kata pada bangun datar yang sudah kamu buat berhubungan dengan PERISTIWA PROKLAMASI (jika materi IPS)” dan seterusnya sesuai materi bapak ibu.


4.   Setelah menulis 2 kata yang berbeda pada dua bangun datar siswa kembali ke kelompok masing-masing.

5.   Di kelompok siswa mengumpulkan bangun datar  yang sudah ada kata-katanya, jika ada yang sama maka diambil satu saja. Kemudian mereka menempel dengan rapi.



6.   Siswa bersama kelompoknya membuat cerita sesuai dengan kata-kata yang sudah ditempel. Cerita ditulis di sisi bagian lain kerta plano (kertas yang ditempeli bangun datar tadi)

7.   Siswa menempel hasil karyanya di dinding. Kelompok dibagi menjadi 2. Dua siswa bagian menjaga karya dan siswa lain keliling mengamati hasil karya lainnya. Jika hanya 3 siswa dalam kelompok, maka yang menjaga cukup 1 saja.



8.   kelompok lain bergantian keliling mengamati, bertanya, dan memberi komentar pada karya yang dipamerkan. (kegiatan presentasi esok pagi krn waktu pembelejaran 1 jam, dilanjut shif 2)

9.   Guru memberi penguatan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Bagaimaan bapak ibu guru? Menurut Anda menarik apa tidak pembelajaran di atas? Nah, sekarang silahakan ditentukan pada bagian apa pembelajaran tersebut yang menerapkan Keterampilan Abad 21 (4C), Karakter, Literasi, HOTS, dan Wellbeing? Silahkan tulis di kolom komentar! (kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 22 Desember 2021)

 

0 Response to "Pembelajaran dengan Keterampilan Abad 21 (4C, Karakter, Literasi, HOTS, dan Wellbeing) Penerapan Pelatihan Tematik Berbasis Karakter PPPPTK PKN IPS Angkatan Ke-2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel