Ayo Mengamati Makanan Kita dengan Lembar Kerja


Apakah makanan yang kita konsumsi sudah bergizi? Kadungan gizinya sudah seimbang? Pertanyaan ini tentunya kita temukan di materi IPA kelas 5 tema 2 subtema 3 pembelajaran 2. Untuk menjawab pertanyaan tersebut bisa dengan solusi membaca buku siswa, buku penunjang, atau literatur yang lainnya. Cara belajar seperti ini sepertinya sudah umum kita lakukan, benar tidak?

Hari ini AYO MENDIDIK bersama siswa kelas 5 mengadakan pengamatan langsung pada makanan yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak setiap hari. Setiap siswa sudah siap dengan makanan dan minuman dari rumah. Bertepatan dengan hari Jumat, anak-anak jam pertama sampai jam keempat olah raga. Setelahnya tentunya untuk pengamatan dan makan bersama lebih mantab, pastinya pembaca setujukan J

Setelah melipat baju olah raga dengan rapi. Setiap siswa mengeluarkan makanan dan minuman ke atas meja. Langkah pembelajaranya seperti berikut.
  1. Dibentuk kelompok, setiap kelompok ada 4 siswa
  2. Siswa menata sedemikian rupa posisi meja, makanan, minuman dan alat lain agar rapi dan bersih (penilaian kerapian, collaborative and crative)
  3.  Guru membagi lembar kerja
  4. Siswa mengisi lembar kerja, jika kesulitan mengisi bisa berdiskusi dengan teman satu kelompok. (penilaian kerja sama, critical thinking and colaborative)
  5. Siswa menyimpulkan makanan yang sedang dikonsumsi apakah sudah memenuhi zat gizi dan apakah sudah termasuk gizi seimbang.
  6. Siswa melakukan presentasi di depan kelas. (penilaian keberanian, comucation)
  7. Guru menilai lembar kerja siswa.
Jika sahabat AYO MENDIDIK mengamati kegiatan tersebut pastinya proses pembelajarannya sudah mengembangkan keterampilan abad ke 21 (4C). Ingin melakukannya juga di kelas, bisa download LKSnya di sini. Lebih jauh hub klik di sini

0 komentar: