Belajar Bersama Ayah Bunda Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Liburan Pandemi Covid-19 (#20)



Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.


KITA LIHAT UNSUR-UNSUR IKLAN DULU YUK



https://www.youtube.com/watch?v=dS0A21u43_c

Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara. Coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan berbagai pentas budaya daerah di atas. Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain. 


KITA LIHAT FESTIVAL BUDAYA BERIKUT YAA ...

https://www.youtube.com/watch?v=JlrPUpIMb5g

Apa sajakah bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia? Berikut berbagai usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.

1. Pertanian
Usaha pertanian merupakan usaha yang paling banyak ditemukan dalam masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan keadaan alam Indonesia sebagai negara agraris. Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, dan palawija.

2. Perkebunan
Perkebunan merupakan usaha pemanfaatan lahan dengan tanamantanaman keras. Perkebunan dapat dibedakan atas perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Perkebunan rakyat adalah perkebunan yang dikelola oleh rakyat. Perkebunan besar biasanya dikelola oleh pemerintah atau perusahaan perkebunan. Hasil perkebunan besar, biasanya ditujukan untuk ekspor sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara. Contoh hasil perkebunan antara lain karet, kelapa, kelapa sawit, dan tebu. Amati gambar berikut!



3. Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang piaraan yang diambil manfaatnya. Usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu peternakan hewan besar (sapi, kerbau, dan kuda), hewan kecil (kambing, domba, kelinci, dan babi), dan unggas (ayam, itik, entok, dan burung).

4. Perikanan
Usaha perikanan dalam hal ini adalah usaha perikanan darat, yaitu usaha memelihara ikan di perairan darat dengan cara membuat kolam. Perikanan darat meliputi perikanan air tawar dan perikanan air payau. Contoh hasil perikanan air tawar misalnya ikan gurami, nila, bawal, dan lele. Hasil perikanan air payau contohnya ikan bandeng. Amati gambar berikut!



5. Kehutanan
Usaha kehutanan dapat dilakukan dengan melakukan pencegahan terhadap penggundulan hutan dengan melakukan reboisasi atau peremajaan hutan. Contoh hasil usaha kehutanan antara lain kayu, rotan, damar, dan kemenyan. Usaha kehutanan juga penting untuk menjaga keseimbangan alam. Pepohonan yang tumbuh di hutan membantu peresapan air ke dalam tanah. Dengan demikian, dapat menghindari terjadinya banjir. Selain itu, hutan menjadi tempat hidup serta berkembangnya berbagai satwa. Oleh karena itu, hutan tidak boleh dirusak dan harus diremajakan.

6. Pertambangan
Pertambangan adalah usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteran manusia. Mineral ini berada di dalam perut bumi. Untuk mendapatkannya perlu dilakukan penggalian atau penambangan. Contoh hasil barang tambang antara lain emas, minyak bumi, dan batu bara.

7. Perindustrian
Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari sumber daya alam. Industri dilakukan untuk meningkatkan mutu atau nilai suatu barang. Usaha industri dapat dilakukan oleh perorangan,
kelompok, atau suatu perusahaan, baik pemerintah maupun swasta. Contoh hasil industri adalah benang menjadi pakaian, pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, dan karet menjadi ban.

8. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil-hasil pertanian, peternakan, perikanan, hutan, dan barang-barang hasil industri. Perdagangan yang dilakukan antarnegara
disebut ekspor impor. Ekspor adalah usaha mengirim dan menjual barang keluar negeri. Impor adalah usaha memasukkan dan membeli barang
dari luar negeri.

9. Jasa
Usaha jasa adalah usaha menyediakan jasa bukan produk benda untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Perhatikan gambar di atas. Pekerjaan menjadi pemandu wisata merupakan bagian dari usaha jasa. Usaha-usaha dalam bidang jasa antara lain usaha becak, ojek, angkutan umum, dan bidang pariwisata.


PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT!
Taruh jawabanmu di kolom komentar ya ... 
tulis Nama :  ... Asal sekolah :  .... no Absen : .......

Gambar A

Menurut kamu, gambar di atas termasuk pekerjaan dalam bidang apa? Apa nama pekerjaannya? Apakah kamu ingin bekerja seperti orang tersebut?


Gambar B

Menurut kamu, gambar di atas termasuk pekerjaan dalam bidang apa? Apa nama pekerjaannya? Apakah kamu ingin bekerja seperti orang tersebut?


KLIK GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK LATIHAN SOAL



PENILAIAN HARIAN TEMA 9 SUBTEMA 2 PB 3

mohon maaf, google drive belum bisa dibuka, masih ada kendala teknis











7 Responses to "Belajar Bersama Ayah Bunda Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 3 Liburan Pandemi Covid-19 (#20)"

  1. Nama : Sheryl Virdya Putrie
    Sekolah : SDN Ditotrunan 01 Lumajang
    No absen : 35
    Jawaban : Gambar 1 : Bidang jasa,fotografer,tidak
    Gambar 2 : Bidang peternakan,usaha peternakan besar, kecil, unggas, tidak

    ReplyDelete
  2. Nama : Sheryl Virdya Putrie
    Sekolah : SDN Ditotrunan 01 Lumajang
    No absen : 35
    Jawaban : Gambar 1 : Bidang jasa,fotografer,tidak
    Gambar 2 : Bidang peternakan,usaha peternakan besar, kecil, unggas, tidak

    ReplyDelete
  3. terima kasih sudah giat belajar :)

    ReplyDelete
  4. nama:Callysta nareswari
    kalas:5A
    absen:09
    sd:sdn ditotrunan 1 lumajang


    jawaban:

    gambar 1:berkerja dibidang jasa yaitu fotografer
    sedangkan
    gambar 2:berkerja dibidang barang yaitu perternakan yang menghasilkan susu,danging,kulit

    ReplyDelete
  5. Nama : Lulu Putri Yusfazilatun Nisa
    No. Absen : 19
    Sekolah : SDN Ditotrunan 01

    Jawaban :
    Gambar 1. Bidang Jasa, Pemandu wisata, tidak.
    Gambar 2. Bidang Jasa, Peternakan dan perikanan, tidak.

    ReplyDelete
  6. Calista dan Lulu terima kasih, dapat **

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel