-->

Media Inovasi Pembelajaran Mono Kartu Plus untuk Kegiatan Guru Sambang Kurikulum Kondisi Khusus

Masa Pendemi Covid-19 proses pembelajaran tentunya banyak mengalami kendala. Namun sesuai pesan Bapak Agus Salim (KaDindik Kab. Lumajang) “Jangan menunggu anak-anak masuk sekolah. Selama masa ini kami tunggu guru-guru inovatif yang akan menjadikan pembelajaran dalam masa pandemi ini tetap menyenangkan dan anak-anak tetap suka belajar”

Hal ini sudah diterapkan oleh 31 guru di Kecamatan Gucialit. Kegiatan Pelatihan yang dilanjutkan dengan lomba inovasi pembelajaran sudah menghasilkan 31 media yang perlu kita ketahui. Salah satunya adalah Mono Kartu Plus milik Bu. Nanik. Yuk, kita nikmati Bersama.

                                                                                 

Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran

Rancangan karya inovasi kami berbahan dasar sederhana yaitu dari kertas bekas yang sangat murah dan mudah didapat. Cara pembuatannya juga sangat sederhana, bisa dibuat oleh guru bahkan siswa sekalipun. Ukuran bisa menyesuaikan, bisa besar ataupun kecil sesuai kebutuhan.

 Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :

  1. ·        Kertas tebal bekas (misalnya kardus air mineral)
  2. ·         Kertas HVS;
  3. ·         Penggaris;
  4. ·         Spidol / bolpoint;
  5. ·         Lem;
  6. ·         Gunting;


Langkah- Langkah Kerja dan pemanfaatannya.

Cara pembuatannya sangat mudah yaitu sebagai berikut :

1 Peserta didik diberikan kupon undian untuk memulai permainan, dan untuk mendapatkan  giliran urut-urutan permainan. Atau bisa juga dengan model hompimpa.

2. Permainan dilakukan dengan cara melempar dadu yang sudah tertera bilangan/ angka, Artinya Ketika dadu berhenti di salah satu angka maka siswa tersebut akan mendapat amplop soal sesuai dengan nomor urut yang tertera pada kotak tersebut. Permaian dapat melanjutkan dengan menambah angka dari dadu pemain sebelumnya.

3. Bagi siswa yang belum bisa menjawab dipersilahkan melihat buku siswa, dan berlanjut ke pemain selanjutnya. Akan tetapi siswa yang belum bisa menjawab berkesempatan untuk mempertanggungjawabkan tugasnya untuk menjawab ulang. Setelah para pemain selesai menjawab benar.

4. Permainan dapat diakhiri atau Finish ketika semua siswa sudah menjawab semua pertanyaan yang di dapat dari dadu yang dimainkan.

5. Permainan dijawab benar nilai 100. Jika salah 0, kurang benar 50-70. Jadi semua siwa akan mendapatkan nilai sesuai dengan patokan nilai yang sudah disampaikan oleh guru.

                                                                                                                                                

Karya : Nanik Sugiyanti, S.Pd


Lihat karya lain disini

0 Response to "Media Inovasi Pembelajaran Mono Kartu Plus untuk Kegiatan Guru Sambang Kurikulum Kondisi Khusus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel