Serunya Outbound dan Baksos Gunung Sawur dan Hutan Bambu

Alhamdulillah hari ini siswa-siswi kelas V SDN Ditotrunan 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018 telah selesai melaksanakan Outbound dan Bakti Sosial. Sejak pukul 05.00 pagi hingga pukul 17.00 kegiatan berjalan dengan lancar. Puji sukur juga kepada-Nya hari ini tidak turun hujan.

PERSIAPAN (05.00)
Sebelum matahari terbit mereka sudah berdatangan siap melaksanakan tugas. Pukul 05.05 siswa sudah berdiri di bawah bendera merah putih halaman upacara. Masih belum nampak jelas wajah mereka karena memang hari masih gelap.



9 ARMADA  (06.00)
Sembilan armada meluncur melintasi alun-alun ke arah barat, belok kanan di Desa Karanganom. Terus meluncur di jalan sempit hingga nampak jelas gunung Semeru. Tiap armada di damping oleh Guru dan EO.

STUDIWISATA GUNUNG SAWUR (07.30)
Ke luar dari masing-masing kendaraan, berbaris rapi di jalan 2 stapak. Sekitar 121 siswa, 6 guru, 8 guyub, dan 3 EO siap mendaki Gunun Sawur. Udara yang segar membuat paru-paru sejuk, lebih indah ketika kami bisa melihat pemandangan bentang alam yang ada di atas  gunung sawur. Kota Lumajang bersama laut dan daratnya seolah ada di kaki kami.
Acara seremonial pemberian tali asih, dilanjutkan belajar bersama tim pemantau Gunung Semeru. Kegiatan terbagi menjadi dua tempat. Di ruang tamu dan ruang pemantau yang di dalamnya terdapat seismograf.



BAKTI SOSIAL (09.00)
Sembilan armada membawa kami ke hutan bambu. Sebelah barat hutan bambu terdapat rumah pemukiman pengungsian. Melihat kedatangan kami, mereka begitu bahagia menyambut dengan senyuman. Setiap armada membawa 2 kardus mie,  2 sak beras, dan 2 kardus kelengkapan kebutuhan sehari-hari (kecap, minyak goreng, gula, dll). Secara bergantian siswa bersama armadanya memberikan kepada setiap rumah yang berjajar rapi tersebut. Bahagia melihat senyum manis dari 18 warga yang ada di penampungan tersebut.

OUTBOUND and ACHIEVEMENT MOTIVATION (10.00)
Tim Outbound dari Sekolah Motivasi Rumah Perubahan Indoneisa sudah siap dengan 8 pasukkanya. Seluruh siswa memakai sabuk pengaman outbound. Kegiatan di bagi dua rotasi. Pada rotasi pertama tim putri melaksanakan 4 jenis outbound, apa saja outobundnya? Bisa dilihat di foto kegiatan berikut ya. Untuk putra sesi motivasi dekat sumber mata air hutan bambu bersama founder Rumah Perubahan Indonesia. Kegiatan ini selesai saat adzan duhur berkumandang.
Makan siang beralaskan tanah tercinta Indonesia dan dibalik terik matahari yang sudah di atas kepala. Sesi berikutnya putri ikut motivasi dan putra kegiatan outbound.


MANDI DI AIR SUCI (14.00)
Bagi Anda yang sudah pernah mandi di air suci hutan bambu tentunya tidak asing lagi segarnya air tersebut. Namun bagi yang belum, perlu mencobanya. Airnya berbeda dengan air-air yang ada di tempat lain. Jika masih tidak percaya segeralah datang ke sini, dijamin jika mandi tiap pagi  Anda akan nampak awet muda heeeee.
Tim putra segera meluncur ke air. 30 menit kemudian tim putri datang dan memenuhi air. Kolam renang yang awalnya biru, kini menjadi kuning dan orange tertutupi seragam olah raga anak-anak.

BACK TO SCHOOL (13.30)
Berat untuk meninggalkan air bersih ini, namun anak-anak harus tetap bergegas kembali ke sekolah. Seribu kisa sudah dilalui hari ini. Semoga hari ini menjadi pengalaman yang berharga, dan ilmu yang didapat menjadi bermanfaat di kemudian hari.

Terima kasih buat Bpk Kepala Sekolah, Dewan Guru, Komite, Guyub, Wali Murid, terima kasih pula buat yang sudah menyumbangkan sewa mobil (mama jihan) dan kaos tim outbound (Bu Syamsul). Terima kasih pula buat EO Edelwes, Rumah Perubahan Indonesia, dan Sekolah Motivasi. Semoga Allah memberi ganti  yang lebih baik lagi.


  • Untuk mengunduh rundown. lembar kerja siswa, dan proposal bisa klik sini
  • Cerita lebih lengkap bisa dilihat di Majalah Suara PGRI edisi Mei 2018_insyaalah

0 komentar: