Mengenal Seminar Nasional dan Persiapan SEMNAS 2018 tahap 2

Seminar Nasional (SEMNAS) sudah berlangsung dari tanggal 22 sd 25 Mei 2018 di Hotel Millennium Jakarta. Seperti apa kegiatan SEMNAS 2018 tersebut? Kali ini AYO MENDIDIK ingin berbagi dengan Anda. Mengingat menurut informasi dari panitia akan ada SEMNAS 2018 untuk tahap 2. Kemungkinan bersamaan dengan Hari Guru Nasional.

SEMNAS 2018 berawal dari seleksi makalah secara daring di web kesharlindungdikdas. Dari ribuan peserta akhirnya diambil peringkat 180 terbagi mejadi kelas A, B, dan C. Tiap kelas nantinya terdapat penyaji presentasi dan penyaji poster. Penyaji presentasi memiliki nilai makalah di atas 76 dan penyaji poster memiliki nilai makalah 69 sd 75. Untuk lebih jelas klik di sini.

Alhamdulillah, dari Kab. Lumajang ada 3 guru yang lolos SEMNAS 2018
KELAS
NAMA
ASAL LEMBAGA
PENYAJI
A
Mokhamad Subakri, S.Pd.
SDN Ditotrunan 01
presentasi
B
-
-
-
C
Krisna Hadi, S.Pd.
SDN Ditotrunan 01
Poster
Wahyu Purwanto, S.Pd. M.Pd.
SMP N 03 Yosowilangun
poster




Hari pertama pembukaan dan kebijakan umum. Hari ke dua penyaji presentasi menyampaikan makalahnya ditiap kelas dengan didampingi moderator dan panelis. Kelas A didampingni oleh Dr. Luluk Asmawati, M.Pd. dan Elin Rosalina, M.Pd. Setiap sesi ada 5 penyaji, secara bergantian selama 7 menit menyampikan presentasinya. Setelah 5 penyaji menyampiakan, peserta seminar ditiap kelasnya boleh mengajukan pertanyaan. Untuk lebih semangat setiap tampilan dinilai oleh seluruh peserta. Pada hari kedua giliran penyaji poster. Penyaji poster menunggu di setiap posternya. Peserta penyaji presentasi berkelompok keliling bertanya dan menilai poster dan penjelasan peserta penyaji poster. Kreteria penilian presentasi klik di sini, kreteria penyaji poster klik di sini.

Acara intinya adalah seluruh peserta dari kelas A, B, dan C berkumpul di tempat pembukaan untuk mengikuti seminar inti dengan pemateri para ahli. Pada SEMNAS 2018  kali ini pematerinya adalah Prof. Dr. Rer.nat. Sajidan, M.Si dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Javie Luque dari The World Bank Office Jakarta, dan Sudarno, S.Pd. M.Pd. dari SMPN 2 Cibungbulang Kab Bogor (guru prestasi SMP nasional 2017).


Sebelum penutupan disampaikan 3 terbaik penyaji presentasi dan 3 terbaik penyaji poster dari masing-masing kelas. Bagi yang berminat ikut SEMNAS 2018 tahap 2. Insyaalah bersamaan HGN, siapkan makalah Anda.

Nope : Alhamdulillah dari Lumajang an Krisna Hadi, S.Pd. termasuk penyaji poster terbaik dari kelas C


0 komentar: