Modul 1 IPS Kelas 5 Tema 7 Sub Tema 1 Kedatangan Bangsa Barat di Indonesia

Materi IPS Kelas 5 Tema 7 kalau kita cermati begitu luas. pemaparan pada buku siswa tidak begitu mendetail. Untuk menambah pengetahuan siswa terhadap muatan IPS Tema 7 Subtema 1 Kelas 5. Pada posting kali ini AYO MENDIDIK akan berbagi Modul sebagai bahan belajar siswa. Kami buat dua modul dikarenakan untuk memudahkan siswa dalam mempelajarinya.


Salah satu bagian dari isi modul seperti berikut ini.
Hindia Timur atau Indonesia telah lama dikenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah seperti vanili, lada, dan cengkeh. Rempah-rempah ini digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, bahkan obat. Karena kegunaannya, rempah-rempah ini sangat laku di pasaran dan harganya pun mahal. Hal ini mendorong para pedagang Asia Barat datang dan memonopoli perdagangan rempah-rempah. Mereka membeli bahan-bahan ini dari para petani di Indonesia dan menjualnya kepada para pedagang Eropa. Namun, jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke Turki Utsmani mengakibatkan pasokan rempah-rempah ke wilayah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan oleh Turki Utsmani kepada bangsa Eropa. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wilayah yang banyak memiliki bahan rempah-rempah, termasuk kepulauan Nusantara (Indonesia). Dalam perkembangannya, mereka tidak saja berdagang, tetapi juga menguasai sumber rempah-rempah di negara penghasil. Sejak saat itu dimulailah era kolonialisasi Barat di Asia.

Jika ingin memiliki modul 1 tema 7 sub tema 1 ips kedatangan bangsa barat, silahkan klik gambar di atas. Selamat Belajar.



modul 2 klik di sini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel