Try Out Olimpiade Matematika Pesiapan OSN Kecamatan dan Kabupaten dilengkapi kunci jawaban

Sahabat guru pembina di manapun berada. Masih tetap semangat membinakan? Semoga perjuangannya selalu mendapat Ridhon-Nya. Dalam kegiatan pembinaan tentunya bapak-ibu sibuk dengan membuat prediksi soal yang akan keluar. Soal prediksi yang kita buat lebih bagus  disesuaikan semacam soal Try Out seperti lomba sesungguhnya. Misalkan lomba nanti ada 40 soal dengan rincian 25 PG, 10 ISI, 5 Uraian dikerjakan dalam waktu 120 menit. Maka pelaksanaan Try Out kita lakukan persis seperti lomba sebenarnya.


Untuk membantu teman-teman melakukan Try Out mandiri, bisa di sekolah atau setingkat guslah berikut ini salah satu contoh soal Olimpiade Matematika yang bisa digunakan dalam Try Out yang Anda lakukan.


I.          Jawablah dengan singkat dan tepat!
1.    Jika a, b, dan c mewakili suatu angka yang memenuhi persamaan berikut :
a + 2 = b – 3 = 4 + c
dari ke 3 huruf tersebut yang memiliki angka terbesar adalah adalah ……. 

2.    nilai dari (7 + 3)2 – (72 + 32) adalah ......  

3.    Selisih dua bilangan positif adalah 6, sedangkan hasil kalinya adalah 187. Jadi jumlah kedua bilangan tersebut  adalah  …..  

4.    Umur Pak Uqbah sekarang 4 kali umur anaknya. 6 tahun yang akan datang umurnya akan 3 kali umur anaknya. Jadi umur Pak Uqbah sekarang adalah ....    

5.    Diketahui : 3 # 5 = 16 ; 4 # 2 = 12 ; 5 # 6 = 11. Jadi 8 # 9 adalah ... 

6.    Operasi * didefinisikan sebagai a*b = a2 – b2. Maka nilai ((5*3)*2) adalah …  

7.    Jika 20 ditambah ke 1/3 suatu bilangan, hasilnya dua kali lipat bilangan tersebut. Bilangan itu adalah ….  

8.    Seorang wanita menghabiskan 2/3 dari uangnya, kemudian dia kehilangan 1/3 dari sisa uangnya. Jika uang yang dimilikinya sekarang Rp4.000,00. Jadi  uangnya mula-mula adalah …   


9. Jika setiap bujur sangkar (persegi) di tambah panjang setiap sisinya sebesar 50 %, maka persentase pertambahan luasnya adalah …   


II.       Jawablah dengan menuliskan uraian jawaban yang singkat dan tepat!

1.     Hafsah mengendarai motornya sejauh 120 km dengan kecepatan 40 km/jam. Dalam perjalanan pulang, kecepatan motornya adalah 60 km/jam. Berapa kecepatan rata-rata untuk keseluruhan perjalananya?  
2.    Sebuah akuarium berbentuk balok (kotak) dengan luas alas 400cm2 diisi air setinggi 25cm. Sebuah balok kayu dengan luas  alas 100cm2 dimasukkan ke dalam akuarium sampai seluruh balok kayu terendam air. Sesudah balok kayu tersebut dimasukkan ketinggian air naik menjadi 30cm. Berapa cm tinggi balok tersebut ? 


3.    Harga sebuah buku bacaan mula-mula Rp10.000,00. Jika harga buku tersebut naik 20% kemudian turun 20% dari harga baru. Berapa harga terakhir buku tersebut? 



Untuk memiliki versi Lengkapnya bisa donwload soal dengan klik gambar di atas sedangkan kunci jawaban klik di sini
   

0 Response to "Try Out Olimpiade Matematika Pesiapan OSN Kecamatan dan Kabupaten dilengkapi kunci jawaban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2