Teknis dan Contoh Juara Mematung dalam Lomba Kreativitas Siswa


Cabang lain dari Lomba Kreativitas Siswa adalah membuat patung (mematung). Ketika kita melihat hasil karya siswa sepertinya kita tidak percaya saat melihat begitu bagusnya karya mereka. Padahal masih siswa Sekolah Dasar, namun karyanya sungguh luar biasa. Teman-teman AYO MENDIDIK pernah melihatnya? Nah, jika belum kali ini AYO MENDIDIK akan berbagi foto para pemenang dan peserta lomba mematung yang diadakan di tingkat Kabupaten Lumajang tahun kemarin.


Saat mendampingi lomba kita perlu memiliki tujuan yang jelas. Menghadiri lomba tidak sekedar mengantar, menyiapkan alat dan bahan untuk siswa, atau malah berniatan jalan-jalan. Mendampingi siswa saat lomba adalah waktu  yang tepat bagi kita mencari pengalaman baru. Melihat bagai mana perkembangan pendidikan di luar sekolah kita. Dengan demikian ilmu kita akan bertambah. Jangan pernah merasa kita selalu yang terbaik, karena di luar sana masih banyak ilmu baru  yang tidak ada di sekolah kita.

Semisal kita menjadi pendamping lomba Kreativitas Siswa. Hal yang baik kita lakukan adalah mengamati bagaimana jalannya lomba, teknisnya, dan yang paling penting lagi mengamati hasil kejuaraan. Hasil lomba kreativitas agar lebih mudah kita mengamati bisa kita foto atau video untuk bahan pembelajaran dalam pembiaan di sekolah.

APA SIH SENI PATUNG ITU?
Seni Patung adalah bentuk ekspresi karya cipta 3 (tiga) dimensi yang merupakan hasil penuangan ide / imajinasi / pribadi melalui media tanah liat / plastizien / semen – pasir / batu / kapur / bahan lain yang dianggap mampu menjadi sarana ekspresi dengan teknik dan cara yang dikuasai sehingga menjadi karya seni tiga dimensi.




TEKNIS PELAKSANAAN
1. Ukuran :
  • Panjang maksimal : 40 cm
  • Lebar maksimal : 40 cm
  • Tinggi maksimal : 40 cm

 * Ukuran tersebut tidak termasuk alas / tataan.
2. Kerangka dikerjakan di tempat lomba ;
3. Bahan disiapkan sendiri oleh peserta dan bisa memilih salah satu di bawah ini:
  • Plastizin / malam (warna coklat tua/coklat muda),
  • tanah liat,
  • tanah abu-abu,
  • kayu

4. Alat : Butsir / bebas ( disesuaikan dengan kebutuhan )
5. Teknik bebas ;
6. Finishing tanpa di cat, pernis atau disemprot dengan cat ;

7. Alas / postek tidak termasuk dalam volume ukuran, dan alas/postek tidak dinilai ( boleh disiapkan terlebih dahulu / disiapkan peserta sendiri) ;

8. Waktu lomba maksimal 4 ( empat ) jam Petunjuk Teknis Lomba Kreatifitas Siswa SD Tingkat Kabupaten Lumajang Tahun 2018




Sabahat AYO MENDIDIK ingin contoh yang lain hasil lomba mematung ditingkat kabupaten tahun kemarin? klik gambar di atas Foto-foto ini hadiah dari sahabat kami KEHENINGAN (pembina kreativitas siswa) dan DECIRE.


0 Response to "Teknis dan Contoh Juara Mematung dalam Lomba Kreativitas Siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2