Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Memaksimalkan Google Translate

Google Translate salah satu solusi yang baik untuk kita gunakan dalam pembelajaran bahasa. Google translate selain bisa mencari arti kata juga difasilitasi suara (voice). Dangan suara ini kita bisa belajar mendengar dan mengucapkan kata atau kalimat sesuai kaidah yang benar sesuai bahasa yang kita pelajari.
Menurut para ahli, belajar bahasa bisa menambah beberapa saraf otak kita bertabah. Saat kita menambah kosa-kata maka bertambah pula sel seraf otak tersebut. Hal baik lainnya adalah kita tidak mudah pikun atau sering lupa. Nah, keren kan?
Mengajar bahasa punya keunikan sendiri. Selain bisa memahami isi dari kata atau kalimat, kita juga dituntut bisa mengucapkan dengan baik. Begitu juga saat kita mengajarkan Bahasa Inggris. Kemampuan mengucapkan (reading) dan mendengarkan (listening) juga harus kita ajarkan kepada siswa. Kita lihat videonya dulu yuk ....


Sahabat AYO MENIDIDIK, Siapa yang menjadi wali kelas? Coba angkat tangannya, heeeee. Berarti nasibnya sama dengan saya. Guru kelas itu guru yang luar biasa, kalah professor. Kenapa? Karena guru kelas mengajar berbagai macam keahlian (mata pelajaran), benar tidak? PPKn, Bhs Indoneisa, IPA, IPS, SBdP, Matematika, Bahasa Daerah, masih ada lagi? Masih dong, apa itu TIK dan Bhs Inggris ….. weleh… weleh ... luar biasa ya …



Ya, ini hanya tuntutan. Kita sebagai bawahan berusaha semaksimal mungkin. Meskipun punya banyak kekuangan di sana-sini. Salah satunya saat kita memberi materi Bahasa Inggris/Bahasa Daerah. Saat belajar membaca kadang kita kawatir salah dalam pengucapan dan pelafalan. Sebagai guru era IT, tak perlu berkecil hati. Banyak fasilitas yang bisa membantu kita salah satunya adalah google translate. Kelebihan dari goggle  translate antara lain.
  1. Siswa bisa mendengarkan Bahasa Inggris yang diucapkan asli orang barat. Hal ini penting untuk melatih kepekaan pendengaran mereka.
  2. Siswa dapat melawafalkan kata lebih benar dari pada kita yang melafalkannya.
  3. Pembelajaran lebih menarik, siswa merasakan hal yang berbeda.
  4. Siswa/guru bisa mengetahui arti kata yang belum difahami tanpa melihat kamus.
nampak buku penunjang, aplikasi google translate, dan suasa kelas saat pembelajaran
Bagaimana caranya? mudah sekali.
  1. Buka google crome
  2. Klik titik 6 pada pojok kanan
  3. Pilih dengan klik GoolgeTranslate atau klik di sini. seperti pada gambar di bawah ini
  • Ketik kata/kalimat yang ingin dipelajari
  • Klik gambar mik/speaker (amati foto di atas/gambar pada laptop)
Tentunya perangkat yang dibutuhkan adalah speaker aktif yang terhubung ke laptop agar suara yang dihasilkan bersuara nyaring, dengan demikian suara bisa didengar oleh seluruh siswa. Kita juga bisa pakai laptop atau HP untuk membuka goole translate, Mudah bukan? Silahkan menyulap kelas bapak/ibu menjadi lab bahasa. Selamat belajar bahasa lebih menyenangkan.

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Memaksimalkan Google Translate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel