Outdoor Learning dan Outbound Kelas V Tahun 2019 Ke Bhakti Alam Pasuruan


Untuk mengadakan Outdoor Learning dan Outbound sekarang ini tidak semudah 5 tahun yang lalu. Setelah melakukan persiapan sekitar 2 bulan lebih. Diskusi dengan panitia, kepala sekolah, guru dan wali murid (paguyuban) lebih dari 6 pertemuan, revisi proposal 6 kali akhirnya kegiatan Outdoor Learning disetujui oleh KPP dan Dinas Pendidikan.

Kamis, 11 April 2019 kegiatan Outdoor Learning dan Outbound dilaksanakan. Sholat subuh berjamaah di musholah sekolah sebagai awal kegiatan. Bertindak sebagi imam adalah Aba Yusuf kepala SDN Ditotrunan 01. Setelah sholat beliau memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anak peserta Outdoor Learning dan Outbound. Usai berdo'a segera berbaris rapi di halaman upacara untuk cek kelengkapan, tepat pukul 05.15 bus mulai bergerak menuju arah Pasuruan,

Bismillah, Kami Berangkat ….

Alhamdulillah, terlambat 15 menit dari waktu yang sudah kami jadwalkan 3 bus dengan 108 siswa dan 14 pembina mulai berangkat menuju Bhakti Alam Pasuruan. Ya, seperti biasaya keberangkatan menuju tempat belajar di luar kabupaten merupakan saat yang menggembirakan bagi anak-anak. Bus yang ditumpangi cukup bagus dan nyaman, membuat anak-anak lebih santai dalam perjalanan, ditambah adanya kursi yang kosong membuat anak-anak lebih enjoy bisa duduk berganti-ganti tempat dan tidak harus saling berdesakan. Kita lihat suasana di salah satu bus yuk ….

Berkisar pukul 09.00 menit bus Outdoor Learning dan Outbound Kelas 5 memasuki pintu gerbang Bhakti Alam. 30 menit kemudian anak-anak rehat untuk sarapan pagi. Di bawah pohon durian dan di atas rumput yang hijau 107 siswa dan 14 pendamping mengisi perut agar tenaga kembali siap untuk beraktivitas. Acara selanjutnya adalah orasi dan foto bersama di depan loket Bhakti Alam, kita lihat semangat mereka ya ….

Nah, mulai saat itu kegiatan sudah dihandle oleh panitia dan tim outbound Bhakti Alam sesuai dengan paket belajar dan outbound seharga 90rb tiap siswa. Panitia guru dan paguyuban mendampingi anak-anak selama kegiatan.

KEGIATAN PERTAMA ADALAH FUN GAME
Di tanah lapang sebelah selatan Bhakti Alam adalah area tempat Outbound dan Fun Game. Di sini siswa diajak merelaksasi fisik dan otak juga diajak belajar membangun motivasi kebersamaan. Berbagai permainan menyenangkan diberikan oleh tim Outbound Bhakti Alam. Termasuk guru dan guyub diminta ikut oleh tim outbound. Heeeee ….

KEGIATAN KEDUA ADALAH BELAJAR WAHANA AGROWISATA
Dengan menaiki bus perkebunan Bhakti Alam bergantian siswa naik bersama kelompok ke berbagai wahana belajar. Tempat pertama yang dikunjungi adalah

MENANAM PADI
Di sini anak-anak diminta melepas sepatu karena akan masuk tampat menanam padi. Pembaca tahukan tempat menanam padi? Yap, tanah becek dan berlumpur. Kelompok putri melaksanakan kegiatan terlebih dahulu. Heeeee …. Tentunya kaki dan tangan mereka penuh dengan lumpur dengan bau khas tanah sawa. Ya, ini  namanya belajar …. Memang harus berkotor-kotor.

PERAH SUSU
Pernah memerah susu sapi? Pernah memegang punting susu sapi? Yap, kejadian langkah yang perlu dicoba. Satu-persatu anak-anak memegang punting susu sapi dan berusaha mengeluarkan air susu sapinya. Heeeeee …. Teriakan geli terdengar dari beberapa siswa yang sedang memerah susu. Tidak apa-apa beginilah belajar secara langsung.

BIO GAS
Jika bicara sapi maka kita teringat dengan BIO GAS. Yap, kotoran sapi bisa kita manfaatkan untuk bio gas. Di sini siswa dijelaskan bagaimana proses pembuatan bio gas dari kotoran sapi serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Menarik bukan dengan energi alternatif ini?

WAHANA HIDROPONIK
Hujan mengguyur kebun Hydroponik beberapa petir menyambar langit di atas Bhakti Alam. Kegiatan terus dilakukan. Wahan Hydroponik menjadi area belajar anak-anak, di sini mereka mengenal berbagai macam jenis dan belajar cara mengolah tanaman Hydroponik. Sayang sekali karena kondisi hujan, penjual buah yang ada di sebelah wahana Hidroponik tutup. Namun, anak-anak masih bisa mencicipi buah melon yang disiapkan tim Bhakti Alam. Kemudian  anak-anak naik traktor melewati area perkebunan menuju wahana selanjutnya.

PAWON JAWA
Pawon Jawa merupakan mini market Bhakti Alam yang memproduksi makanan khas jawa. Ada kripik, jamu sinom, beras kencur, dan berbagai macam makanan. Saat pertama kita masuk boleh mencicipi kripik dan jamu. Tentunya dengan jumlah terbatas, jika ingin yang banyak bisa ke kasir untuk membayar heeee … anak-anak dengan uang sakunya nampak sibuk memasukkan oleh-oleh ke dalam keranjang belanja.



REHAT ISOMA
Setelah naik bus tayo dari Pawon Jawa kita di bawa kembali ke tempat pembelian tiket untuk melaksanakan makan siang dan sholat duhur. Setelah makan siang dengan ditenami gerimis dan petir anak-anak sholat di dua tempat. Putri di belakang tempat penjualan tiket, putra di dalam area Bhakti Alam.

Tak teras waktu sudah mendekati pukul 14.00. usai sholat anak-anak menuju wahan flying Fox di bagian timur Bhakti Alam.

FLYING FOX
Kegiatan Outdoor Learning dan Outbound selanjutanya adalah Flying Fox. Ini yang ditunggu-tunggu oleh siswa, karena memang kegiatan yang menantang andrenalin. Dalam kegiatan ini siswa tidak diharuskan ikut, bagi yang berani diperbolehkan. Flying Fox di area ini sebenarnya tidak terlalu jauh dan termasuk landai. Ketinggiannya juga tidak begitu tinggi. Flying Fox memilik dua pos, berbentuk huruf L. jadi siswa dari pos 1 menuju pos 2, kemudian berlanjut ke pos 3. Setiap siswa meluncur satu persatu dengan riangnya.

BERMAIN DI TAMAN AIR
Kegiatan dilanjutkan dengan bermain air di wahana yang sudah disediakan. Rekreasi tanpa masuk air hal yang tidak menarik bagi anak-anak. Di sini mereka bersuka ria bermain di wahan air yang begitu dalam namun cukup melepas kerinduan dengan air heeeee …..

Tak terasa adzan ashar sudah terkumandang, itu tandanya kita harus segera kembali ke sekolah. Tiga bus kembali bergerak meninggalkan Bhakti Alam turun menyusuri bukit tersebut. Sebagian anak-anak harus dibangunkan saat bus memasuki parkiran Warung Ayam Bakar Solo. Melihat ayam bakar di atas piring anak-anak bak pasukan perang berlari menuju meja satu persatu. Makan malampun nikmat terasa setelah seharian belajar di alam.

Malam semakin larut saat mereka tergeletak di kursi-kursi bus. Dengan beberapa kursi yang kosong membuat mereka bisa tidur nyeyak seperti naik odong-odong di atas bus heeeee. terlambat 45 menit dari waktu  yang diagendakan, pukul 20.45 bus sudah kembali parkir di depan SDN Ditotrunan 01. Semoga pembelajaran kali ini memberikan pengalaman tersendiri buat anak-anak dan bermanfaat bagi kehidupan mereka kelak.

Kami mewakili segenap panitia dari sekolah dan paguyuban mengucapkan terima kasih kepada wali murid, KPP Kec. Lumajang, Dinas Pendidikan Lumajang atas terselengaranya Outdoor Learning dan Outbound Kelas V tahun Pelajaran 2019. Mohon maaf jika ada pelayanan kami masih ada kekurangan. Semoga hal tersebut menjadi pembelajaran untuk kegiatan selanjutnya.

3 Responses to "Outdoor Learning dan Outbound Kelas V Tahun 2019 Ke Bhakti Alam Pasuruan"

  1. Kegiatannya menyenangkan dan memang betul-betul outbond

    ReplyDelete
  2. Bisa nggak kegiatan ini jadi kegiatan rutin di semua sekolah, agar anak-anak mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mas krisna
    butuh perjungan untuk melakukannya dan keikhlasan dari semua pihak karena kegiatan seperti ini penuh tantangan dan resiko
    semoga niat ibadahnya menjadikan ilmu bermanfaat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel