5 Alasan Kenapa Kita Harus Ikut Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional


Banyak lomba dan kegiatan yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, P4TK, dan lembaga lain. Ingin sebenarnya ikut semua kegiatan, namun harus mempertimbangkan kegiatan mengajar di sekolah, maka kadang saya harus memilih yang paling bermanfaat dari sekian kegiatan yang tentunya juga bermafaat bagi tumbuh kembang keprofesional sebagai guru. Pasti Anda juga setuju dengan pernyataan “Guru juga butuh update ilmukan?”

Salah satu kegiatan yang ingin selalu saya ikuti adalah Lomba Inovasi Pembelajaran Nasional (INOBELNAS) yang diadakan oleh Kesharlindungdikdas. Ada 6 alasan kenapa saya memilih kegiatan ini menjadi prioritas utama tiap tahunnya.

1.     TERUS TERMOTIVASI MEMBUAT INOVASI PEMBELAJARAN
INOBELNAS memberikan motivasi kepada saya untuk terus menciptakan inovasi minimal 1 tahun 1 inovasi pembelajaran. Setiap tahunya akan berusa mencari ide-ide baru untuk bisa diikutan dalam INOBELNAS. Seandainya tidak ada INOBELNAS mungkin motivasi itu tidak maksimal, karena inovasi pembelajaran kita kurang ada yang menilai atau melihat kelayakannya. Jadi dengan INOBELNAS ada harapan untuk membuat inovasi kita menemukan taqdirnya lebih mudah.
Catatan Penting : jangan mengirim KTI jika bukan karya sendiri ya, karena ini bukan cara guru yang baik.
 

2.     VALIDASI AHLI TENTANG INOVASI PEMBELAJARAN
INOBELNAS merupakan sarana validasi inovasi pembelajaran yang sudah saya lakukan di kelas. INOBELNAS di dalamnya ada tim ahli yang terpilih menjadi juri. Jadi inovasi pembelajaran kita nantinya akan benar-benar dinilai oleh mereka. Dengan demikian kita bisa mengetahui apakah  inovasi pembelajaran kita layak atau tidak bagi peserta didik.
Inovasi pembelajaran yang kita ikutkan dalam lomba harus benar-benar kita lakukan di kelas. Hal ini penting bagi kita, karena sebagian dari kita kadang ingin ikut lomba namun inovasinya belum pernah dilakukan atau datanya bukan yang sebenarnya. Nah, hal ini tentunya tidak layak untuk dilakukan oleh guru yang ingin lebih baik lagi.
Catatan Penting : kayaknya belum layak dapat sertifikasi jika belum punya KTI buatan sendiri yang udah divalidasi tim ahli heeeee…. sabar..sabar…


3.     MEMILIKI dan MEMPERBAIKI KUALITAS KTI
INOBELNAS seolah memaksa kita membuat KTI baru. Kayaknya jika tidak ada INOBELNAS saya agak sulit mebuat KTI heeeeee …. atau membuatnya jika mau naik pangkat saja heeem masih gologan 2 tak perlu KTIkan! Maklum kualitas guru kayak saya ini harus ada paksaan.  INOBELNAS membuat darah kita selalu mendidih untuk menciptakan KTI dari inovasi pembelajaran yang sudah kita lakukan.
Saa kita lolos tahap ke 2, Kesharlindung digdas memberikan kita fasilias iku Workshop untuk mempebaiki KTI. Di sini banyak ilmu baru yang kita dapatkan dari tim ahli.
Catatan Penting : Rencana semua KTI yang sudah saya lakukan akan jadi perpustakaan KTI di ruang tamu, keren ya? 

4.     BERTEMU TEMAN BARU, MENEMUKAN INOVASI BARU
INOBELNAS menemukan kita dengan 180 guru seindonesia yang sudah memiliki inovasi pembelajaran. Minimal kita akan fokus dalam satu kelas berisi 60 guru. Nah, saat workshop selama 4 hari kita usahakan diskusi dengan teman-teman satu kelas untuk mengetahui inovasi apa yang sedang diangkat. Tambah bagus jika kita memiliki KTInya untuk kita terapakan di kelas.
Nah, dapat teman baru juga ilmu baru, nikmat rasanya. Jadi saat ikut workshop usahakan diskusi dengan banyak teman tentang inovasi pembelajaran. Agar kita semakin kaya akan inovasi bekal di kelas nanti.
Catatan penting : jangan ajang ini mencari teman untuk hal lain ya, atau istilah lainnya cilok bahkan yang lebih serem selingkuh. Heeeeem waspadalah!! 

5.     NAIK PESAWAT, TIDUR DI HOTEL BINTANG 5, DAN JALAN-JALAN GRATIS
Semua pasti setuju sisi enak lain dari kegitan ini adalah kita bisa naik pesawat, hotel,d dan jalan-jalan gratis. Mau naik pesawat jika tidak butuh sekali kayaknya juga tidak akan kita lakukan, Kenapa coba? Ya tidak ada anggaran untuk itu heeeee…. Jadi ikut INOBELNAS memberikan peluang bagi kita untuk mendapakan fasilitias ini sebagai reward atas karya inovasi pembelajaran yang sudah kita ciptakan.


Begitulah sahabat kenapa saya harus tetap mengikuti INOBELNAS, meski sudah 4 kali ini dan teman-teman saat workshop mengatakan saya termasuk golongan veteran heeeeee. Insyaalah akan tetap mengikuti INOBELNAS, “Juara bukanlah tujuan utama, terus berinovasi dan berbagi adalah tujuannya”. AYO yang ingin ikut tahun depan kita diskusi lagi. Salam Inovasi : Biarlah Inovasi Kita Menemukan Takdirnya Sendiri

2 Responses to "5 Alasan Kenapa Kita Harus Ikut Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional"

  1. Cekup mandiri kompetensi profesi untuk inovasi pembelajaran, okey?....

    ReplyDelete
  2. super...layak utk diteladani

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel