Download Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bidang IPA dan Matematika Juara Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional



Lomba Inovasi Pembelajaran  yang diadakan oleh KESHARLINDUNG DIKDAS setiap tahunnya adalah tempat bagi guru-guru kita berbagi inovasi  pembelajaran.  Peserta yang masuk final tentunya yang benar-benar sudah melakukan inovasinya di kelas masing-masing.  Bisa diartikan Lomba Inobel tingkat nasional merupakan tempat berbagi inovasi terbaik yang sudah dilaksanakan guru-guru kita se Indonesia Raya.


Juri lomba juga tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Karena jurinya para pakar pendidikan seperti professor atau dosen dari universitas ternama di Indonesia. Inovasi yang dinilai tidak harus mewah dan megah, namun inovasi pembelajarannya harus inovatif dan sesuai dengan kondisi tempat mengajar peserta. Bisa diproduksi dan diterapkan oleh seluruh guru dengan latar belakang sekolah yang berbeda.
Salah satu juara inovasi pembelajaran tahun ini dalam bidang IPA adalah Bapak Eedlathoma. Beliau mengejar ditempat terpencil dan jauh dari yang namanya sinyal. Namun dengan inovatifnya beliau bisa memaksimalkan potensi diri dan siswanya untuk menjuarai lomba inovasi pembelajaran tingkat nasioal.


Seperti apa inovasi beliau? Berikut ini abstraksi dari karya tulis ilmiahnya:

Media pembelajaran Mega Sigra merupakan media pembelajaran yang dikembangkan untuk tujuan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran pada materi gerhana, mata pelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan Mega Sigra melalui empat fase (4D) yaitu: fase define (mendefenisikan), fase design (merancang), fase develop (mengembangkan) dan fase disseminate (menyebarkan). Perbedaan dan keunikan Mega Sigra dibandingkan dengan media simulasi gerhana yang ada sebelumnya yaitu pada bola bumi dan bola bulan dapat berotasi dan berevolusi secara otomatis akibat digerakkan oleh mesin jam dinding. Selain itu, dilengkapi pula kamera yang dapat merekam gambar dan video simulasi terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan. Gambar dan video dapat dicetak atau disaksikan melalui tampilan di layar komputer. Hasil uji validitas secara keseluruhan sebesar 87,5 %, menunjukkan Mega Sigra sangat valid untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan observer sebesar 78,91 % menunjukkan Mega Sigra praktis digunakan, sedangkan uji kepraktisan melalui respon siswa sebesar 92,50 % menunjukkan Mega Sigra sangat praktis untuk digunakan. Pada uji efektifitas, Mega Sigra menunjukkan hasil yang sangat efektif penggunaannya. Hal ini berdasarkan pada rerata nilai hasil belajar yang dicapai siswa pada kegiatan posttest, mencapai nilai 83,7. Nilai tersebut jauh meningkat dari nilai pretest yang hanya mencapai nilai 37,5. Juga jauh melampaui KKM yang diharapkan yaitu nilai 70,00. Nilai posttest juga sangat meningkat dari rerata hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV tahun 206 sebesar 63,5 dan tahun 2017 sebesar 67,5, pada materi pembelajaran yang sama.

Jika pembaca AYO MENDIDIK ingin memiliki Karya Tulis Ilmiahnya (KTI) bisa klik foto beliau di atas! Selamat berkarya dan berbagi di lomba inovasi pembelajaran tahun ini.

tulisan ini terbit setelah persetujuan dengan Bpk Eed jika ingin tahu blognya klik di sini

2 Responses to "Download Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bidang IPA dan Matematika Juara Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel