Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Memberi Poin Bintang dan Tengkorak


Motivasi merupakan dorongan dari dalam siswa untuk selalu berbuat lebih baik. Dengan motivasi yang selalu terjaga, siswa akan terus mau dengan sadar belajar. Salah satu tugas guru adalah membimbing siswa agar bisa mengondisikan dirinya tetap dalam kondisi termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar tidak sekedar belajar akademik saja, namun juga belajar bersikap dan belajar berbicara dengan santun. Sekolah yang baik memberi pelayanan kepada siswa untuk belajar di berbagai aspek, baik softskill maupun hardskill.

Banyak cara guru dalam memotivasi siswa untuk terus belajar lebih baik. Ada yang memberi nasihat dalam proses pembejaran, ada yang memberi hadiah, ada juga yang memberi hukuman. Bagai mana cara Anda dalam memberi motivasi siswa? Bisa berbagi di sini ya ….

Sahabat AYO MENDIDIK, kali ini kami ingin berbagi cara memotivasi siswa agar selalu dalam kondisi termotivasi. Teknik yang kami berlakukan dengan memberi poin Bintang atau Tengkorak. Pegumpulan poin ini bersifat individu dan kelompok. Dalam kelas di bagi menjagi 4 kelompok A, B, C, dan D. Posis duduk baris A dan B untuk siswi dan Posisi duduk C dan D untuk siswa.

Setiap kelompok akan diberi poin bintang jika melakukan hal yang baik dan poin tengkorak jika melakukan hal yang tidak baik. Satu poin bintang bernilai skor 5 dan 1 poin tekorak bernilai skor  negatif lima.  Setiap anggota kelompok secara individu dan kelompok memiliki tangung jawab yang sama. Jadi bisa saja karena perbuatan 1 siswa akan menambah bintang atau malah mendapat tengkorak.


Poin bintang didapatkan jika siswa melakukan kebaikan, berikut ini salah satu contoh tabel poin bintang.
NO
KEGIATAN
POIN BINTANG
1
Berangkat ke musholah atau ke halaman upacara dengan berbaris rapi (termasuk kembali ke kelas)
****
2
Presentasi di depan kelas
***
3
Menjawab benar pertanyaan guru
*
4
Tertib saat berdoa (mengangkat tangan dan khusu’)
****
5
Melipat dan merapikan kaos setelah olah raga
****
6
Tertib saat di kelas
**
7
Bersikap baik kepada guru atau teman
**
8
dst

*) poin maksimal

Poin tengkorak didapatkan jika siswa melakukan kejelekan, berikut ini salah satu contoh tabel poin tengkorak
NO
KEGIATAN
POIN BINTANG
1
Ada salah satu anggota tidak mengerjakan PR/tida membawa buku/ juz amma/peralatan sholat
X
2
Terlambat datang sekolah
XX
3
Berkelahi
XXXXX
4
Berbuat curang/tidak baik ke teman
XX
5
Nyontek saat ulangan
XX
6
Tidak permisi saat lewat di depan  guru
XX
6
Makan dan minum sambil berdiri/berjalan
X
7
dst


Setiap satu tema akan direkap perolehan skor klompok dan individu, tentunya juga dikurangi skor tengkorak. Bagi kelompok yang mendapat skor tertinggi dapat hadiah dari guru berupa rekreasi, outbound, makan bersama, stiker, atau hadiah lain (contoh pemberiah hadiah klik di sini). Bagi kelompok terakhir dapat hukuman yang mendidik dari guru.



Dari kegiatan ini kami memperoleh data siswa lebih termotivasi untuk tertib, disiplin, dan kenaikan motivasi belajar akademiknya. Memang membentuk sebuah sikap perlu perlakuan dan proses yang tidak sebentar. Menurut beberapa buku untuk membentuk kebisaan menjadi karakter perlu waktu 21 hari mengulang kebiasaan yang baik tanpa terputus. Dengan pemberian poin bintang dan tengkorak akan membantu siswa terus termotivasi untuk belajar berbuat baik.

Hal yang terpenting dalam pembentukan motivasi belajar yang baik adanya keterpaduan antar kelas. Perlunya penerapan dari kelas awal sampai kelas tinggi untuk memberlakukan hal yang sama. Jika tidak ada keterpaduan, maka hasil juga tidak akan maksimal. Malah, pembiasaan motivasi belajar yang baik akan berubah dan hilang jika pada jenjang setelahnya.
Terima kasih Prof Hadi sudah memberikan masukkan tulisan ini, poin tengkorak diganti warna agar memberikan makna lebih baik. "mudah-mudahan bisa diterapkan ke maha siswanya di Inggris heeeee ....."

0 Response to "Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Memberi Poin Bintang dan Tengkorak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel