-->

Mengenal Tanah Toraja Sebagai Keberagaman Budaya Bangsa Kelas 5 PPKn KD 3.3



Materi ini kami peruntukkan untuk anak-anak menambah pengetahuan tentang mengenal keberagaman Sosial Budaya di Indonesia. Salah satunya TANAH TORAJA, sudah tahu tidak dimana letak TORAJA?

Kabupaten Tana Toraja adalah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, dengan bupati bernama Ir. Nico Biringkanae. Ibu kota kabupaten ini adalah Makale. Sebelum pemekaran, kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.203 km² dan berpenduduk sebanyak 285.867 jiwa (2019).
Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Daerah ini merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan.

Sebelum kita lanjutkan, ingatlah! Setelah selesai membaca silahkan bandingkan keragaman Budaya Toraja dengan Budaya yang ada di daerahmu ya. Terus tulis 2 contoh budaya yang ada di daerahmu di kolom komentar!

Toraja punya deretan situs bersejarah yang menyita perhatian turis domestik maupun mancanegara, mulai dari kuburan di tebing batu sampai rumah adat berusia ratusan tahun. Jika datang di waktu yang tepat, mungkin anda juga bisa menyaksikan upacara pemakaman adat Rambu Solo yang sarat dengan kesan mistis.

Yuk, berkunjung ke Tana Toraja dan nikmati eksotisme budaya di sana. Anda pasti mendapatkan pengalaman yang luar biasa!

RABU SOLO
Rambu Solo’ adalah salah satu upacara adat paling penting bagi masyarakat Toraja. Upacara ini dilakukan sebagai pengantar seorang yang telah meninggal dunia menuju alam keabadian dan bergabung dengan leluhur yang telah lama mendahului mereka. Setiap tahun, tepatnya di bulan Juli atau Agustus, upacara besar ini kerap diadakan dan menarik banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah di dunia.


Yang membuat Rambu Solo’ begitu unik jika dibandingkan dengan upacara pemakaman lain adalah mahalnya biaya pelaksanaan. Seorang bangsawan  di Tana Toraja bahkan bisa mengeluarkan uang hingga miliaran rupiah mulai dari persiapan hingga puncak acara yang berlangsung sangat meriah.


Acara utama dari Rambu Solo’ berlangsung dalam dua tahapan besar. Pertama adalah upacara yang dilaksanakan di halaman rumah yang meninggal dunia dan yang kedua dilaksanakan di lapangan besar. Pada tahap pertama, keluarga akan memindahkan letak jenazah, dari sini jenazah sudah dianggap meninggal dunia. Selanjutnya, keluarga yang meninggal akan menerima tamu-tamu yang datang dengan membawa sumbangan baik uang maupun barang. Akhir dari tahap pertama ini ditandai dengan penyebelihan babi dan kerbau lalu memasukkan jenazah di dalam kotak.

Upacara tahap kedua dilakukan dengan mengarak jenazah hingga akhirnya sampai di lapangan. Setelah proses ini selesai, keluarga akan menerima tahu dan membicarakan berapa banyak kerbau yang akan dikorbankan. Apabila kesepakatan telah tercapai, esok harinya sejumlah kerbau yang disepakati akan disembelih hingga jenazah benar-benar dimakamkan dengan sempurna.


KETE KESU
Pedesaan yang tidak anda temukan di wilayah Indonesia lainnya! Yah, di Kete Kesu ini, mata anda dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri. Selain itu, ada kompleks rumah adat Toraja yang dikenal dengan Tongkonan. Rumah ini digunakan untuk menyimpan mayat sanak keluarga yang meninggal sebelum dikebumikan.



LONDA
Jika menginjak Tana Toraja, tak sah rasanya kalau belum berkunjung ke Londa. Berlokasi di Desai Sandan Uai, daerah Londa memiliki udara yang sangat sejuk khasnya pegunungan. Namun, di sepanjang tebing-tebing disana, banyak lubang yang sengaja di pahat. Lubang-lubang ini dijadikan untuk menyimpan mayat-mayat. Karena sudah berumur ratusan tahun, kebanyakan sudah berbentuk tulang belulang.




Di bibir tebing, ada jajaran patung berbentuk manusia. Patung-patung tersebut merupakan replika dari tiap jenazah yang dimakamkan di Londa. Konon, semakin lama usia patung tersebut akan semakin menyerupai wujud manusianya, lho!

BATU TUMONGA
Letak Toraja yang berada di dataran tinggi membuat wilayah ini memiliki banyak spot wisata yang dijuluki ‘negeri di atas awan’. Salah satu di antaranya adalah Batu Tumonga. Di sini anda bisa menyaksikan pemandangan alam kota Rantepao dari ketinggian hampir 1300 mdpl. Waaah,.. dijamin Anda pasti betah berlama-lama di atas sana menikmati pemandangan yang indah! Sungguh panorama yang luar biasa menakjubkan, yang anda saksikan disana.



sumber rujukan :
https://indonesiatraveler.id/pesona-tana-toraja/
https://falony.com/pesona-wisata-di-tana-toraja/
https://travel.okezone.com/read/2018/03/14/406/1872771/menhir-penghormatan-kubur-batu-di-bori-kalimbuang-toraja-utara-yang-simpan-eksotisme

0 Response to "Mengenal Tanah Toraja Sebagai Keberagaman Budaya Bangsa Kelas 5 PPKn KD 3.3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel