-->

Bahasa Indonesia KD 3.4 Kelas 5 Tema 3 Unsur-Unsur Iklan


Sudah faham apa iklan, tujuan, dan unsur-unsurnya? Nah, kali ini ini kita akan belajar bersama tentang iklan media cetak. Pernah lihat tidak iklan media cetak? Coba sebutkan di mana kalian pernah melihatnya? Iklan media cetak apa yang paling kamu sukai? Coba Tulis di kolom komentar ya …..

Untuk lebih memahami amati gambar iklan berikut!




A. Menurut kamu iklan tersebut termasuk iklan apa?
B. Setelah itu coba tuliskan apa saja bagian-bagian yang kamu temukan pada iklan cetak di atas?
1. .................
2. .................
3. .................
4. .................
5. .................
6. .................
7. .................


C. Bagian-bagian yang kamu tulis itu kemudian disebut unsur-unsur iklan. Lebih dalam kita pelajari uraian dari nesabamedia berikut ya agar kamu lebih faham.

Apa itu iklan? Iklan adalah informasi yang dibuat oleh perusahaan, lembaga/instansi atau individu yang mana berisi pesan yang menarik tentang gambaran sebuah produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat.

Tujuan dibuat iklan adalah untuk mengajak atau membujuk masyarakat agar tertarik untuk menggunakan jasa atau produk yang dijual. Biasanya iklan berisi suatu informasi mengenai sebuah merek, perusahaan, produk atau jasa dan lain sebagainya, dengan bayaran tertentu.

Semua komunikasi yang dibuat dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk membujuk atau menarik perhatian agar membeli produk yang ditawarkan dan menguntungkan untuk si pembuat iklan. Iklan terdiri dari beberapa unsur, yaitu sebagai berikut:



1. KETERTARIKAN (INTEREST)
Unsur-Unsur Iklan - Ketertarikan (Interest)
Iklan yang di pasang disesuaikan dengan minat dari target (pembeli), sehingga calon pembeli merasa ingin tahu dengan produk yang ditawarkan dan tertarik untuk membelinya.

2. MENARIK PERHATIAN (ATTENTION)
Dalam membuat sebuah iklan promosi, kita harus menciptakan ide baru yang menarik, bahkan dapat diingat terus menerus sampai kapanpun sehingga calon pembeli akan tertarik untuk melihat iklan yang kita buat dan akan membeli produk yang kita tawarkan.



3. KEPERCAYAAN (CONVICTION)
Kepercayaan (Conviction)
Jika produk yang kita jual merupakan produk baru, maka kita harus membuat image atau gambaran yang baik mengenai produk yang kita tawarakan di mata calon pembeli.
Seperti menggunakan jasa pembuat iklan profesional, aktor dalam video iklan adalah artis terkenal dan memiliki image yang baik di industri hiburan, dan lain sebagainya atau juga dapat dilakuakn dengan adanya pembuktian dari produk halal dan BPOM.

4. KEINGINAN (DESIRE)
Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan apa yang diinginkan oleh calon pembeli. Atau dengan kata lain, kita harus mampu membuat iklan yang sesuai dengan apa yang dikeluhkan oleh calon pembeli sehingga ketika pembeli melihat iklan yang kita buat akan tertarik untuk membelinya karena dapat memecahkan masalahnya.



5. ADANYA TINDAKAN (ACTION)
Unsur-Unsur Iklan - Adanya Tindakan (Action)
Apabila iklan yang kita pasang diterima di masyarakat maka tentunya respon pembaca atau penonton dari iklan yang kita buat akan membeli produk yang ditawarkan atau hanya sekedar bertanya mengenai produk tersebut.

6. NAMA PRODUK.
Biasanya di iklan pasti tertera nama produk yang kita tawarkan. Nama produk sebagai informasi mengenai identitas dari produk atau jasa yang kita tawarkan.



7. GAMBAR PRODUK.
Gambar produk pada sebuah iklan menampilkan produk barang atau jasa yang akan ditawarkan. Gambar dapat berupa produk atau jasa yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang telah menggunakan produk tersebut.

8. KALIMAT IKLAN.

Pada umumnya kalimat pada iklan bermaksud untuk membujuk dan meyakinkan calon pengguna barang atau jasa. Biasanya tulisan yang ada pada kaliamt iklan mudah terlihat, singkat, dan juga sebagai penjelasan dari produk yang ditawarkan.

9. KEUNGGULAN PRODUK.
Keunggulan produk
Keunggulan dari sebuah produk juga harus dijelaskan didalam iklan. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik perhatian dari calon pembeli agar tertarik untuk membeli produk tersebut dibandingkan produk lainnya.



10. HARGA PRODUK.
Biasanya harga produk juga disertakan dalam iklan tersebut agar para pembaca sudah mengetahui harga dari produk atau jasa yang ditawarkan melalui iklan yang dipasang.

11. NOMOR TELEPON PENGIKLAN
Nomor telepon pengiklan
Dalam iklan biasanya juga tertera nomor telepon dari penjual agar calon pembeli dapat menghubungi langsung si penjual ketika tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut.

12. ALAMAT PENGIKLAN
Dalam sebuah iklan pasti tertera alamat. Biasanya alamat ini berisi informasi mengenai lokasi dari produk yang diperjual belikan agar calon pembeli yang ingin membeli produk yang ditawarkan tersebut dapat langsung mendatangi alamat yang tertera pada iklan yang dipasang.

Lebih khusus untuk iklan media cetak memiliki unsur-unsur seperdi di bawah ini :
1. Nama produk.
2. Gambar yang menarik.
3. Kalimat iklan.
4. Keunggulan produk.
5. Harga produk.
6. Nomor telepon.
7. Alamat pengiklan.

sumber rujukan :
https://www.nesabamedia.com/unsur-unsur-iklan/
https://saintif.com/contoh-iklan-layanan-masyarakat/

0 Response to "Bahasa Indonesia KD 3.4 Kelas 5 Tema 3 Unsur-Unsur Iklan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel