-->

PJOK KELAS 5 MEMAHAMI MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA


Menu makanan apa pagi ini yang anak-anak konsumsi? Apakah sudah termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna?

Agar kalian faham apakah makananmu termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna alangkah baikanya baca dengan teliti materi di bawah ini. Jika sudah selesai membaca silahkan tulis di buku PS atau catatan dengan rapi tentunya dengan tegak bersambung. Setelahnhya buatlah 5 pertanyaan dan jawaban di buku kalian.

Agar ilmumu bermanfaat coba ceritakan keayah bunda, saudara, atau teman-temanmu apa sih makanan 4 sehat 5 sempurna itu.

Setelah kamu baca materi ini, apakah sarapan pagimu sudah termasuk makanan 4 sehat lima sempurna? Silahkan berkomentar di kolom komentar. Dengan mengisi Nama, Kelas, No Absen, Asal Sekolah, dan Jawaban.

 

SELAMAT BELAJAR !

 

PENGERTIAN MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA

Pengertian makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Sehingga jika dilihat dari kandungannya, makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

 

1. MAKANAN POKOK

Pengertian makanan pokok adalah makanan utama yang banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat sendiri berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk malakukan aktifitas sehari-hari. Makanan pokok di setiap daerah berbeda-beda. Orang barat memilih gandum sebagai makanan pokoknya. Orang asia dan oriental memilih nasi. Masing-masing negara memiliki bahan pokok yang berbeda.

 

2. LAUK-PAUK

Lauk pauk identik sebagai makanan sumber protein. Protein yang ada pada lauk pauk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.

 

3. SAYUR-MAYUR

Sayur mayur merupakan salah satu makanan sumber vitamin dan mineral. Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.

 

4. BUAH-BUAHAN

Buah serupa dengan sayur mayur, yaitu merupakan makanan sumber vitamin dan mineral. Buah-buahan pada makanan juga memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, pepaya, pisang, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.

 

5. SUSU DAN PRODUK OLAHANNYA

Susu merupakan sumber protein, mineral dan asam lemak essensial. Susu dan produk olahannya seperti keju, mentega, yogurt, dll mempunyai kandunga gizi yang sangat tinggi.

Susu segar sangat kaya akan nutrisi, diantaranya protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, fosfor, riboflavin, dan niacin.

Susu fungsinya adalah sebagai makanan pelengkap pada menu empat sehat 5 sempurna. Karena hanya sebagai pelengkap maka tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya.

Namun kebanyakan di sarankan di konsumsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh terutama pada anak-anak yang masih dalam taraf tumbuh kembang. Susu biasanya di minum saat sarapan ataupun sebelum tidur.

Inilah pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna serta contoh-contohnya. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk menerapkan kehidupan kita.

 

0 Response to "PJOK KELAS 5 MEMAHAMI MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel