-->

Mengoptimalkan Powerpoint dalam Pengajaran


Powerpoint dan pengajaran atau pembelajaran sudah merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan saat ini. Proses belajar mengajar memerlukan paparan yang bagus dan efektif. Powerpoint memiliki sejumlah kemampuan untuk menyediakan apa yang diminta pengguna dalam hal penyajian paparan yang bagus. Nah dalam hal inilah keduanya menjadi rangkaian yang tak terpisahkan.

Kini mayoritas guru memanfaatkan Powerpoint dalam keseharian mereka bersama murid-muridnya. Mengajar di depan murid-murid memang lebih menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi yang satu ini. Pun demikian murid-murid, mereka pasti juga merasa senang dengan adanya perangkat teknologi di hadapan mereka. Beberapa waktu sebelumnya, mungkin tidak lebih dari dua dekade yang lalu, mereka masih terpapar oleh papan tulis baik yang menggunakan kapur atau yang lebih “modern” menggunakan spidol. Perubahan yang luar biasa ini juga memngaruhi pendekatan-pendakatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Powerpoint adalah sebuah program pembuat paparan yang memungkinkan pengguna untuk membuat slide yang dinamis. Paparan ini dapat berupa gambar, teks, audio, video, dan banyak lagi. Dengan demikian, tujuan utama bahwa paparan dengan powerpoint lebih baik harus tercapai. Bukan sebaliknya, Powerpoint menjadi titik awal gagalnya sebuah paparan. Mengapa? Karena Powerpoint hanya didekati sebagai alat paparan yaitu memproyeksikan teks demi teks di layar.




Mengapa gagal? Karena audien dalam hal ini murid-imurid kita terjebak dalam perasaan bosan akibat slide-slide paparan tidak menarik, menjemukan, dan lebih parah lagi mengintimidasi. Bagaimanakah slide yang mengintimidasi murid atau audien lainnya? Salah satu slide yang mengintimidasi adalah slide yang penuh dengan teks, tidak fokus, dan terlalu banyak informasi. Oleh karena itu guru atau pemateri harus mempertimbangkan masukan dari orang lain. Pemateri biasanya cukup puas dengan paparan yang diproyeksikan di layar, tidak peduli apakah isinya memenuhi syarat. Bila salah dalam pemilihan model paparan ini, akibatnya bisa buruk.

Berikut ini penulis menyajikan contoh bagaimana Powerpoint dioptimalkan. Dalam video ini penulis memanfaatkan fitur-fitur animasi. Karena bersamaan dengan hari lahir Panca Sila maka saya membuat Quiz dengan tema pancasila. Namun demikian, model powerpoint dalam video ini dapat juga digunakan untuk mata pelajaran lainnya. Justru dengan menonton proses pembuatan animasi ini, guru akan menjadi ingin menerapkannya dalam dunia kepengajarannya. Selamat menonton dan mencoba membuat slide-slide dalam video ini.

Link Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=PaJOGrj2ci4&t=676s 


penulis : Bekti Sawiji

0 Response to "Mengoptimalkan Powerpoint dalam Pengajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel