-->

Pembagian Hadiah Kompetisi MIPA Rekreasi Edisi 1 Menghadirkan Wahana Baru Dalam Pembelajaran

 


Bapak ibu pasti pernah mendengar sekolah alam. Apa yang terlintas dalam benak kita ketika mendengar kelas alam? Atau bahakan ibu bapak belum penah mengetahuinya. Jika belum boleh lah lihat-lihat dulu di sini dan di sini juga di sini. Sekolah alam memiliki kurikulum dan metode  pembelajaran berbeda dari sekolah pada umumnya. Alam merupakan inspirasi bagi mereka. Biasanya yang mereka tekankan adalah fokus sesuai keahlian setiap siswa. Selain itu karakter siswa benar-benar ditekankan dalam sekolah alam.

Taman Siwa Bumi Jatayu juga mengadakan Kompetisi MIPA Rekreasi berbasis kelas alam dengan jargon Alam-Ny memberikan segalanya. Sejak Sabtu, 18 Maret 2023 flayer lomba dan infomasi di web sudah kami sebarakan seperti di sini. Target awal adalah 40 peserta, karena waktu pelaksanaan hanya 3 hari dari pengumuman tepatnya Selasa, 21 Maret 2023.  Ternyata, prediksi awal kurang tepat, sampai lomba akan dilaksanakan ada saja yang mau mendaftarakan diri untuk mengikuti lomba. Terpaksa pendaftaran kami tutup mengingat jumlah soal sudah digandakan.

Hal menarik lainnya selain berbasis kelas alam, permainan, game, dan outbound sederhana. Soal yang dibuat juga berbasis alam. Soal-soal diambil di sekitar tempat lomba.

Sore itu sekitar pukul 15.00 peserta sudah mulai bedatangan dari berbagai kecamatan. Ada juga peserta yang dari Tanggul Kabupaten Jember. Sekita 70 peserta yang didampingi oleh orang tuanya akhirnya membuat Perumahan Bumi Jatayu hiruk pikuk seketika. Kebun kurma yang sudah dibersihkan oleh warga awalnya untuk tempat lomba ternyata dipakai tempat parkir oleh orang tua peserta. Pukul 15.30 Registrasi dimulai oleh kakak pendamping. Acara pembukaan dipandu oleh founder Taman Siswa Bj. Beliau menjelaskan teknis lomba dan mengenalkan MIPA REKREASI. Ada juga beberapa tampilan salah satunya lagu yang disampaikan oleh putri ibu guru dari SDN Klakah 1.  Pukul 15.45 lomba diawali dari outbound sederhana yang didampingi oleh kakak pendamping.




Tempat dibagi menjadi empat posisi, Wahana 1 kelas 1 dan 2 diletakkan di teras rumah Pak Agus. Wahana 1 kelas 3 diletakkan di jalan depan rumah Gilang. Wahana 2 kelas 4 diletakkan di jalan timur rumah Yano. Dan Wahana 2 kelas 5 diletakkan di jalan belakang depan taman bambu. Acara dimulai dengan tawa ceria oleh peserta dan kakak pemdaping. Mereka bermain tepuk-tepuk, seperti tepuk sambal, tepuk pencernaan, tepuk pernafasan, dan permainnya lainnya. Tepat pukul 15.45 acara dimulai.

Acara ini menjadi hal baru juga bagi wali murid dan guru. Mereka menikmati suasan perumahan bumi jatayu dengan jalan tanah dan banyak semak belukar di sana-sini. Ya, seperti suasan pedesaan. Sambil menunggu lomba selesai semua duduk-duduk sambil ngobrol santai di pinggi jalan dan teras warga. Tepat pukul 16.45 lomba sudah selasi. Acara selanjutanya ada tampilan puisi dari OPANG asal SDN Tompokersan 03. Satu persatu peserta dan orang tua kembali ke rumah masing-masing. Panitia melanjutkan pengoreksian dan rekap nilai. Rencana pukul 20.00 pengumuman akhirnya tertunda sampai pukul 21.00 dikarenakan ada beberapa tamu dari kakak pendamping hadir menjemput.

pembagian hadiah mipa rekreasi wahana 2 kelas 4

pembagian hadiah mipa rekreasi wahana 1 kelas 1, 2, 3

pembagian hadiah mipa rekreasi wahana 2 kelas 5


Pembagian hadiah yang dijadwalkan hari Rabu akhinrya harus dilaksanakan hari Kamis sore, hal ini karena nama-nama juara dan piagam belum tercetak. Alhamdulillah, Kamis sore pukul 16.00 para juara hadir di Taman Siswa Bumi Jatayu untuk menerima hadiah berupa piagam, tropy, dan uang pembinaan serta Golden Tiket untuk ikut pembinaan 2 hari secara gratis di Taman Siswa Bj.

Kami ucapkan terima kasih buat semua pihak yang sudah membantu kegiatan ini. Terima kasih kami buat warga Perumahan Bumi Jatayu atas kesediaan tempatnya, Bidan Retno Arista yang sudah mendonasi Piala, Kakak-kakak Pembina, dan seluruh pihak yang sudah membantu. Jangan lupa ikuti lagi kompetisi MIPA REKREASI Edisi Ke-2. (Budiman)

 

0 Response to "Pembagian Hadiah Kompetisi MIPA Rekreasi Edisi 1 Menghadirkan Wahana Baru Dalam Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

iklan di bawah artikel